Pelaksanaan pilkada serentak tetap bergulir di sisi lain jumlah korban terinfeksi dan meninggal dunia akibat covid-19 meningkat. Kondisi politik tidak berpihak pada perlidungan ulama ditambah lagi diberikannya angin segar bagi tumbuh kembangnya idiologi komunis melalui munculnya RUU HIP. Kondisi ekonomi dan kondisi sistem pendidikan era new normal yang dinilai tidak dipersiapkan secara serius oleh pemerintah.

Menyikapi berbagai permasalahan yang sedang dihadapi bangsa, PKS Kota Depok mengadakan istighatsah secara daring yang dilaksanakan pada Jumat, 16 Oktober 2020, mulai pukul 15.30.

Disaksikan secara langsung oleh hampir 1000 kader PKS Depok, istighatsah diibuka dengan pembacaan sholawat ashgil oleh Ustadz Romli dan sambutan Dewan Syariah Daerah (DSD) DPD PKS Depok.

Ustadz Farid Nu’man selaku DSD DPD PKS Depok dalam sambutannya mengingatkan kepada para kader dan masyarakat tentang dalil istighotsah, surat Al-Anfal ayat 9.

“(Ingatlah), ketika kamu beristighatsah (memohon pertolongan) kepada Tuhanmu, lalu diperkenankan-Nya bagimu, “Sungguh, Aku akan mendatangkan bala bantuan kepadamu dengan seribu malaikat yang datang berturut-turut,” ucap Ustadz Farid.

Hadir dalam acara ini Ustadz Ahmad Syaikhu Presiden PKS baru terpilih. Presiden PKS periode 2020-2025 ini menguatkan arahan DSD DPD PKS Depok, menurutnya tidak ada yang pantas dipuji selain Allah SWT. karena tidak ada kemenangan melainkan atas izin dan kehendak dari Allah SWT.

“Kemenangan ini bukan hanya semata karena usaha kita, bukan karena ikhtiar kita tetapi Allah lah yang sudah melembutkan hati masyarakat maka pada saat istighatsah ini sudah seharusnya kita tundukan hati kita di hadapan ALLAH, kita panjatkan doa, kita ketuk pintu langit, meminta pertolongan kepada ALLAH SWT,” ucap Ustadz Syaikhu.

Dalam tausiyahnya di acara ini Ustadz Syaikhu betul-betul mengingatkan bahwa kemenangan-kemenangan yang diraih sesungguhnya betul-betul atas kehendak Allah.

“Semakin kita baca ayat demi ayat ini bahwa kemenangan demi kemenangan ini betul-betul atas kehendak Allah SWT.,” tegasnya.

Presiden yang terpilih melalui mekanisme syuro ini juga mengungkapkan harapannya secara khusus terkait keikutsertaan kader PKS yaitu Idris-Imam dalam kontestasi pemilihan kepala daerah tahun 2020 ini.
“Kita berharap Allah berikan kemenangan kepada kita di kota ini untuk ke-4 kalinya. Sehingga depok dapat menjadi daerah percontohan bagi daerah-daerah lain.”

Dalam penutup tausiyahnya Ustadz Syaikhu mengajak untuk tidak lupa memanjatkan doa seperti saat Rasulullah meminum Air Zam-Zam.
“Allahumma innii as’aluka ilman naafian wa rizqan waasi’an wa syifaa’an min kulli daa’in wa saqomin birahmatika ya arhamarrahimin. Semoga Allah karunia kepada kita semua ilmu yang bermanfaat, rizki yang luas, dan terhindar dari penyakit, kita sehat semua. Saya biasa menyingkatnya dengan PKS Pintar, Kaya Sehat. Semoga ALLAH kabulkan semua doa-doa dalam istigahtsah kita ini,” tutup Syaikhu